Tujuan PMKP


TUJUAN PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN

 

A. Tujuan Umum

Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan secara keseluruhan dengan terus menerus mengurangi risiko terhadap pasien dan staf baik dalam proses klinis maupun lingkungan fisik dengan fokus pada keselamatan pasien di lingkungan RSU Holistic Purwakarta yang menyeluruh secara efektif dan efisien agar tercapai derajat kesehatan yang optimal.

B. Tujuan Khusus

Tercapainya peningkatan mutu pelayanan, manajemen risiko dan keselamatan pasien rumah sakit melalui :

  1. Pemberian pelayanan kesehatan yang dilaksanakan menyeluruh dan terpadu sesuai standar dan kebutuhan pasien.

  2. Tercapainya profesionalisme dalam memberikan pelayanan kesehatan melalui optimalisasi SDM, sarana dan prasarana

  3. Terselenggaranya upaya peningkatan mutu yang menunjang keselamatan pasien dengan identifikasi komponen mutu secara lebih jelas.

  4. Terselenggaranya pelayanan kesehatan sesuai standar profesi melalui pemanfaatan teknologi, berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan pelayanan kesehatan.

  5. Terkoordinasikannya program manajemen risiko rumah sakit dengan identifikasi dan pengendalian seluruh risiko strategis dan operasional yang penting mencakup seluruh area organisasi, termasuk area pekerjaan, tempat kerja dan juga area klinis.

  6. Meminimalisir risiko yang mungkin terjadi dimasa mendatang sehingga dapat mengantisipasi risiko apabila terjadi insiden melalui sistim pengendalian risiko.

  7. Melindungi pasien, karyawan, pengunjung dan pemangku kepentingan lainnya dari risiko cedera yang mungkin terjadi melalui program-program pencegahan sehingga tidak terjadi pengulangan kejadian/insiden yang tidak diharapkan.

  8. Terlaksananya identifikasi dan penurunan risiko infeksi yang didapat dan ditularkan diantara pasien, staf klinis, staf non klinis, tenaga kontrak, mahasiswa dan 6 pengunjung melalui survey insiden infeksi yang dilakukan terus menerus.

  9. Menurunkan insiden keselamatan berupa Kejadian Potensial Cedera (KPC), Kejadian Nyaris Cedera (KNC), Kejadian Tidak Diharapkan (KTD) ataupun sentinel melalui pelaporan dan analisa insiden sesuai prosedur.

  10. Terciptanya budaya keselamatan pasien dalam pelayanan kesehatan.

  11. Terlaksananya kegiatan untuk mengantisifasi disaster yang mungkin terjadi.